Program Intensive Training on E-Journal Management Tahun 2016

ojs3

A. Apa itu “Training on E-Journal Management” ?

Training intensif ini memberikan tutorial tentang penggunaan dan pemanfaatan Aplikasi Open Journal System (OJS) untuk keperluan manajemen pengelolaan jurnal ilmiah secara online dan menyeluruh. Mulai tahun 2016, training ini juga memberikan tutorial tentang penyuntingan manuskrip artikel jurnal ilmiah, strategi penulisan artikel ilmiah, gaya selingkung artikel jurnal ilmiah, dan etika publikasi dan Plagiarism.  Open Journal System (OJS) sangat bermanfaat untuk manajemen pengelolaan jurnal ilmiah secara online, baik untuk jurnal nasional maupun jurnal internasional. Dengan Open Journal System ini maka pengelolaan sebuah jurnal menjadi lebih efektif dan efisien sebagaimana halnya pada pengelolaan jurnal-jurnal internasional bereputasi. 

Manajemen Pengelolaan Jurnal Online sangat bermanfaat untuk mengelola sebuah jurnal secara profesional dan sangat mendukung kepada pencapaian AKREDITASI TERBITAN BERKALA ILMIAH NASIONAL (berdasarkan Perdirjen Dikti Nomor 1 Tahun 2014 tentang Akreditasi Terbitan Berkala Ilmiah (Elektronik)) dan INDEKSASI INTERNASIONAL.

Topik-topik yang diberikan dalam training ini meliputi 14 Topik (lihat di bagian Silabus Training) meliputi: fitur-fitur di dalam Open Journal System, penyiapan portal e-journal untuk indeksasi jurnal, dan sharing pengalaman para praktisi dalam penggunaan aplikasi ini, dan beberapa topik lainnya tentang penulisan dan penyuntingan artikel ilmiah jurnal.

Training ini diperuntukkan bagi Para Pengelola Jurnal atau Pemimpin Redaksi jurnal ilmiah yang akan dipandu tentang pemanfaatan teknologi informasi untuk manajemen jurnal ilmiah secara efektif. Peserta training tidak harus mempunyai background IT yang kuat, yang penting mempunyai keinginan yang kuat untuk mengaplikasikan manajemen e-journal secara online. Di training ini, para peserta akan dipandu dari pemula hingga mahir dengan model praktek langsung dipandu.

openaccessPeserta akan dipandu secara intensif selama 2 hari 1 malam per paket tentang cara-cara menggunakan OJS untuk pengelolaan jurnal dari A hingga Z, atau 3 hari 2 malam untuk bundle 2 paket dengan penyuntingan manuskrip artikel jurnal ilmiahstrategi penulisan artikel ilmiahgaya selingkung artikel jurnal ilmiah, dan etika publikasi dan Plagiarism. Panduan-panduan yang diberikan selama training adalah berdasarkan pengalaman-pengalaman Para Instruktur dalam mengoperasikan Open Journal System.

newDownload di sini Leaflet Training on E-Journal Management (in PDF):  …….

newBorang Pendaftaran Training E-Journal Management 2016 secara online: https://goo.gl/4315pO

newDownload Daftar Acara Tentatif Training Manajemen E-Journal (Batch 10-14) : ……


B. Syllabus Training on E-Journal Management:

B.1. Paket 1 (Aplikasi Manajemen E-Jurnal dengan Open Journal System (OJS)):

  1. Standar Dasar Pengelolaan Portal E-Journal sesuai Akreditasi Terbitan Berkala Ilmiah
  2. How to Setup & Manage Journal Website (Basic Setup and Setting of Journal Management) in Open Journal System
  3. How to Manage Journal Issue/Volume Publishing using Open Journal System
  4. How to Make Online Back Issues of Journal using Open Journal System
  5. How to Manage Users (Journal Manager, Editor/Section Editor, Reviewer, Author, Subscriber) in Open Journal System
  6. How to Submit and Tracking Manuscript by Online using Open Journal System
  7. How to Review Manuscript by Online using Open Journal System
  8. How to Manage Online Editorial Works using Open Journal System
  9. How to Manage Layout Editing or Proof/Galley Correction using Open Journal System
  10. How to Manage Digital Object Identifier (DOI) and Exporting XML to be Registered to CrossRef in Open Journal System
  11. How to Prepare E-Journal Portal to be Ready for Indexing and Abstracting Suggestion in DOAJ, EBSCO, and SCOPUS
  12. How to Index E-Journal Portal in Google Scholar and Making Journal Citation Tracking in Google Scholar
  13. Setup, Instalasi, dan Manajemen Software Open Journal System (OJS) di server web
  14. Pembuatan Profil Sitasi Jurnal di Google Scholar, Statistik Pengunjung Unik, dan Manajemen Curriculum Vitae Tim Pengelola.
  15. Strategi Manajemen Jurnal Secara Online dalam Persiapan Akreditasi Terbitan Berkala Ilmiah Nasional (elektronik)
  16. Praktek dan Workshop untuk masing-masing materi dan dipandu secara intensif

B.2. Paket 2 (Penyuntingan, Strategi Penulisan, dan Pemapanan Gaya Selingkung Artikel Jurnal Ilmiah serta Etika Publikasi dan Plagiarism):

  1. Strategi Penulisan Artikel Ilmiah di Jurnal Nasional dan Jurnal Internasional
  2. Teknik Penyuntingan Artikel Ilmiah Jurnal Menggunakan Aplikasi (MS Publisher, Adobe InDesign, atau Corel Draw, atau MS Word)
  3. Penyuntingan Artikel Ilmiah Jurnal Menggunakan Format/Aplikasi Latex
  4. Pemapanan Gaya Selingkung Artikel Jurnal Ilmiah
  5. Etika Publikasi dan Plagiarism
  6. Strategi Memilih Jurnal/Seminar Internasional Terindeks sebagai Tempat Publikasi Ilmiah
  7. Teknik Aplikasi Manajemen Referensi (Mendeley) untuk Penulisan Artikel Ilmiah
  8. Workshop dan Pendampingan Penulisan artikel Ilmiah
  9. Praktek dan Workshop

ojs2ojs


C. Jadwal dan Tempat Training Tahun 2016

  • newTraining E-Journal Batch 10:
    • Waktu Pelaksanaan: Paket 1: Selasa – Rabu (8 – 9 Maret 2016) dan/atau Paket 2: Rabu – Kamis (9 – 10 Maret 2016)
    • Tempat PelaksanaanNama Hotel: Oak Tree Emerald Semarang, (**** stars), Palm Hill Estate, Jln. Palm Papandayan, Gajah Mungkur, Semarang, Telp. (024)8509191; Website Hotel: http://www.oaktree-hotel.com/semarang; Email Hotel: semarang@oaktree-hotel.com
  • newTraining E-Journal Batch 11:
    • Waktu Pelaksanaan: Paket 1: Selasa – Rabu (10 – 11 Mei 2016) dan/atau Paket 2: Rabu – Kamis (11 – 12 Mei 2016)
    • Tempat PelaksanaanNama Hotel (tentatif): Oak Tree Emerald Semarang, (**** stars), Palm Hill Estate, Jln. Palm Papandayan, Gajah Mungkur, Semarang, Telp. (024)8509191; Website Hotel: http://www.oaktree-hotel.com/semarang; Email Hotel: semarang@oaktree-hotel.com
  • newTraining E-Journal Batch 12:
    • Waktu Pelaksanaan: Paket 1: Selasa – Rabu (12 – 13 Juli 2016) dan/atau Paket 2: Rabu – Kamis (13 – 14 Juli 2016)
    • Tempat PelaksanaanNama Hotel (tentatif): Oak Tree Emerald Semarang, (**** stars), Palm Hill Estate, Jln. Palm Papandayan, Gajah Mungkur, Semarang, Telp. (024)8509191; Website Hotel: http://www.oaktree-hotel.com/semarang; Email Hotel: semarang@oaktree-hotel.com
  • newTraining E-Journal Batch 13:
    • Waktu Pelaksanaan: Paket 1: Selasa – Rabu (6 – 7 September 2016) dan/atau Paket 2: Rabu – Kamis (7 – 8 September 2016)
    • Tempat PelaksanaanNama Hotel (tentatif): Oak Tree Emerald Semarang, (**** stars), Palm Hill Estate, Jln. Palm Papandayan, Gajah Mungkur, Semarang, Telp. (024)8509191; Website Hotel: http://www.oaktree-hotel.com/semarang; Email Hotel: semarang@oaktree-hotel.com
  • newTraining E-Journal Batch 14:
    • Waktu Pelaksanaan: Paket 1: Selasa – Rabu (8 – 9 November 2016) dan/atau Paket 2: Rabu – Kamis (9 – 10 November 2016)
    • Tempat PelaksanaanNama Hotel (tentatif): Oak Tree Emerald Semarang, (**** stars), Palm Hill Estate, Jln. Palm Papandayan, Gajah Mungkur, Semarang, Telp. (024)8509191; Website Hotel: http://www.oaktree-hotel.com/semarang; Email Hotel: semarang@oaktree-hotel.com

**) Jumlah Peserta per Batch dibatasi hanya maksimum 20 orang / batch dan minimum 10 orang / batch.


C. Biaya Registrasi Training dan Fasilitas Training

Biaya Registrasi Training adalah: 

  • Rp 1.700.000,- (satu juta tujuh ratus ribu rupiah) per orang per batch untuk Paket I saja
  • Rp 1.700.000,- (satu juta tujuh ratus ribu rupiah) per orang per batch untuk Paket II saja
  • Rp 3.200.000,- (Tiga juta dua ratus ribu rupiah) per orang per batch untuk Bundle Paket I dan Paket II

Biaya registrasi dibayarkan melalui transfer bank ke rekening: “akan diinformasikan di Leaflet dan Invoice“.

Biaya Registrasi tersebut sudah termasuk:

  • Training Kit, meliputi: tas training, materi-materi training dalam bentuk cetak dan/atau CD, ballpoint, pensil, dan blok note.
  • Sertifikat Training
  • Biaya akomodasi selama training berlangsung (2 hari 1 malam) dan/atau (3 hari 2 malam), sudah termasuk: penginapan, 1 kali breakfast, 3 kali coffee break, 1 kali lunch, dan 1 kali dinner per paket (tidak termasuk transportasi).
  • Akses hotspot selama training berlangsung (Catatan: Panitia tidak menjamin kecepatan akses hotspot di hotel, sehingga peserta diperbolehkan membawa modem sendiri)
  • User Login account DEMO OJS untuk keperluan training

D. Tatacara Pendaftaran Training

  1. Calon Peserta mengisi Borang Pendaftaran Secara Online di: https://goo.gl/4315pO
  2. Calon Peserta memilih jadwal/batch training yang diinginkan di pendaftaran online.
  3. Calon Peserta akan mendapatkan Invoice Pembayaran untuk memproses pembayaran termasuk informasi rekening bank yang dituju untuk pembayaran.
  4. Calon Peserta membayar Biaya Registrasi Training dengan mentransfer sejumlah uang ke rekening bank yang disebutkan di Invoice Pembayaran.
  5. Bukti Transfer Pembayaran (PDF file) tersebut (nomor 4) harus dikirimkan ke email: bcrec@live.undip.ac.id dengan Subject email: “Pendaftaran Training E-Journal Management Batch … atas nama …..
  6. Calon Peserta Training akan mendapatkan Konfirmasi melalui E-mail dari Panitia tentang pendaftaran peserta tersebut dan akan dinyatakan sebagai Peserta Training, dan akan diberikan Nomor Resmi Peserta Training.
  7. Jumlah Peserta setiap batch dibatasi maksimum 20 orang Peserta dan minimum 10 orang Peserta.

E. Persyaratan Peserta Training

  1. Peserta harus sudah mempunyai portal e-journalnya menggunakan aplikasi OJS (Open Journal System)
  2. Peserta harus sudah mempunyai akun atau user login sebagai “Journal Manager” di portal e-journalnya

F. Instruktur Berpengalaman

Training Manajemen Pengelolaan E-Journal dengan Open Journal System ini akan dipandu oleh Instruktur-Instruktur yang berpengalaman dalam bidang perjurnalan, e-journal, dan teknologi informasi:

  1. Dr. Istadi, S.T., M.T. (Editor-in-Chief, Reviewer)
  2. Prof. Dr. Heru Susanto, S.T., M.T. (Reviewer, Editor Member)
  3. Dr. Mohammad Djaeni, S.T., M.Eng. (Reviewer, Editor Member)
  4. Eko Didik Widiyanto, S.T., M.T. (Manajer Teknologi Informasi, UPT Pusat Komputer, Undip)
  5. Dr. Andri Cahyo Kumoro, S.T., M.T. (Editor Member)
  6. Wahyu Setiyadi, S.Kom. (Staf Teknologi Informasi, BAPSI Undip)

G. Alamat Kontak Training

Divisi Training, Bulletin of Chemical Reaction Engineering & Catalysis, Jl. Prof. Soedarto, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Indonesia 50275; Telp.: +62-24-7464526, E-mail: bcrec@live.undip.ac.id, Website: http://training.bcrec.web.id 

 


OJS