A. Apa itu “Training on E-Journal Management” ?
Training intensif ini memberikan tutorial tentang manajemen pengelolaan e-journal ilmiah secara online menggunakan Open Journal System (OJS) dan manajemen pengelolaan Editorial dan substansi artikel untuk persiapan akreditasi jurnal di ARJUNA dan pengindeksan (Batch 31, 33, dan 34 di tahun 2020).
Mulai tahun 2019, training ini juga memberikan Paket 3 (Khusus Strategi Pengembangan Jurnal Internasional Terindeks di Pengindeks Internasional Bereputasi (Scopus dan/atau Web of Science)). Paket 3 ini hanya ada di Batch 30 dan Batch 32 di tahun 2020.
Lihat jadwal training di sini: https://training.bcrec.web.id/jadwal-tentatif-training-tahun-2020-5-batch/
Tautan Form pendaftaran Online di sini: https://goo.gl/4315pO
Open Journal System (OJS) sangat bermanfaat untuk manajemen pengelolaan jurnal ilmiah secara online, baik untuk jurnal nasional maupun jurnal internasional. Dengan Open Journal System ini maka pengelolaan sebuah jurnal menjadi lebih efektif dan efisien sebagaimana halnya pada pengelolaan jurnal-jurnal internasional bereputasi.
Manajemen Pengelolaan Jurnal Online sangat bermanfaat untuk mengelola sebuah jurnal secara profesional dan sangat mendukung kepada pencapaian AKREDITASI JURNAL NASIONAL (berdasarkan Permenristekdikti Nomor 9 Tahun 2018 dan Perdirjen Dikti Nomor 1 Tahun 2014 tentang Akreditasi Terbitan Berkala Ilmiah (Elektronik)) dan INDEKSASI INTERNASIONAL BEREPUTASI.
Topik-topik yang diberikan dalam training ini meliputi 14 Topik (lihat di bagian Silabus Training) meliputi: fitur-fitur di dalam Open Journal System, penyiapan portal e-journal untuk indeksasi jurnal, dan sharing pengalaman para praktisi dalam penggunaan aplikasi ini, dan beberapa topik lainnya tentang penulisan dan penyuntingan artikel ilmiah jurnal.
Training ini diperuntukkan bagi Para Pengelola Jurnal atau Pemimpin Redaksi jurnal ilmiah yang akan dipandu tentang pemanfaatan teknologi informasi untuk manajemen jurnal ilmiah secara efektif. Peserta training tidak harus mempunyai background IT yang kuat, yang penting mempunyai keinginan yang kuat untuk mengaplikasikan manajemen e-journal secara online. Di training ini, para peserta akan dipandu dari pemula hingga mahir dengan model praktek langsung dipandu.
Peserta akan dipandu secara intensif selama 2 hari 1 malam (13 jam) per paket tentang cara-cara menggunakan OJS untuk pengelolaan jurnal dari A hingga Z dengan penyuntingan manuskrip artikel jurnal ilmiah, strategi penulisan artikel ilmiah, gaya selingkung artikel jurnal ilmiah, dan etika publikasi dan Plagiarism.
Panduan-panduan yang diberikan selama training adalah berdasarkan pengalaman-pengalaman Para Instruktur dalam mengoperasikan Open Journal System.
B. Syllabus Training on E-Journal Management:
B.1. Paket 1 (Aplikasi Manajemen E-Jurnal dengan Open Journal System (OJS) dan Persiapan Akreditasi ARJUNA). Paket 1 ini hanya ada di Batch 31, 33 dan 34 di tahun 2020.
- Standar Website E-Journal sesuai Akreditasi dan Best Practice of Transparency (COPE) dan Evaluasi Kesiapan Akreditasi (dari segi Penilaian Manajemen) di ARJUNA
- Panduan dan Workshop Terpandu Setup Website Jurnal Menggunakan Open Journal System, Membuat Statistik Pengunjung Unik, Mengelola MastHead/Editorial Board/Peer-Reviewer, dan Badge Open Access License/Copyright
- Modifikasi Theme dan CSS di OJS untuk Mengubah Tampilan Website Jurnal
- Panduan Submit Manuskrip dan Revisi Manuskrip Menggunakan Open Journal System (as Author)
- Panduan Review Manuskrip Menggunakan Open Journal System (as Reviewer) dan Cara Unggah Dokumen Review untuk Terbitan yang Sudah Terbit.
- Panduan Mengelola Manuskrip Sebagai Editor Menggunakan Open Journal System (as Editor/Section Editor)
- Panduan Manajemen DOI (CrossRef) Menggunakan Open Journal System (as Journal Manager)
- Strategi Indeksasi di Pengindeks internasional Bereputasi (Google Scholar, EBSCO, DOAJ, SCOPUS, Thomson)
- Prosedur Pendaftaran Akreditasi Jurnal di ARJUNA.
- Praktek dan Workshop untuk masing-masing materi dan dipandu secara intensif.
B.2. Paket 2 (Penyuntingan Isi Artikel dan Layout, Standar Penulisan Artikel Ilmiah, Pemapanan Gaya Selingkung Artikel Jurnal Ilmiah, dan Etika Publikasi dan Plagiarism). Paket 2 ini hanya ada di Batch 31, 33 dan 34 di tahun 2020.
- Evaluasi Kesiapan Jurnal untuk Akreditasi Jurnal di ARJUNA dari sisi Kualitas Isi Artikel dan Pedoman Akreditasi Jurnal tahun 2018
- Standar Kualitas/Penulisan Artikel Ilmiah Sesuai Standar Akreditasi Jurnal Nasional (ARJUNA) dan Jurnal Internasional
- Etika Publikasi dan Plagiarism
- Teknik Layout Artikel Ilmiah Jurnal Menggunakan Aplikasi (Microsoft Publisher)
- Teknik Layout Artikel Ilmiah Jurnal Menggunakan Format/Aplikasi Libre Office atau Latex
- Teknik dan Panduan Penyuntingan (Bahasa dan Substansi Isi) Artikel Jurnal Ilmiah
- Strategi Memilih dan Menilai Kualitas Jurnal/Seminar Internasional Terindeks sebagai Tempat Publikasi Ilmiah
- Teknik Aplikasi Manajemen Referensi (Mendeley) untuk Penulisan Artikel Ilmiah
- Workshop dan Pendampingan Penulisan artikel Ilmi
- Strategi dan Teknik Persiapan serta Prosedur Pendaftaran Akreditasi Jurnal Nasional melalui ARJUNA V2.0 (http://arjuna2.ristekdikti.go.id)
- Praktek dan Workshop
B.3. Paket 3 (Khusus Strategi Pengembangan Jurnal Internasional Terindeks di Pengindeks Internasional Bereputasi (Scopus dan/atau Web of Science)). Paket 3 ini hanya ada di Batch 30 dan Batch 32 di tahun 2020.
- Kriteria Jurnal Internasional Menurut Pengindeks Internasional Bereputasi Tinggi (Scopus dan Web of Science).
- Principles of Transparency and Best Practice in Scholarly Publishing (Standar Minimal Website Jurnal Ilmiah menurut Standar COPE)
- Klausul-klausul Pernyataan Etika Publikasi dalam Jurnal Ilmiah Sesuai Standar COPE.
- Kriteria dan Parameter Penilaian Indeksasi Jurnal di Scopus dan Web of Science
- Tatacara dan Prosedur Pendaftaran Indeksasi di Scopus dan Web of Science.
- Penamaan Jurnal Ilmiah dan Kebijakan-kebijakan Penting Journal Untuk Pemenuhan Persyaratan Pengindeks Scopus dan Web of Science.
- Standar dan Kriteria dan Strategi Merekrut Pemilihan Editor in Chief, Associate (Handling) Editor, dan International Editorial Board.
- Standar, Kriteria, dan Strategi Merekrut Peer-Reviewer Potensial dari Diversitas Internasional.
- Standar, Kriteria, dan Strategi Merekrut Penulis Potensial dari Diversitas Internasional.
- Panduan Peningkatan Kualitas Jurnal melalui Standarisasi Kerja Tim Editor dan Standarisasi Kerja Peer-Reviewers.
- Strategi Peningkatan Jumlah Sitasi Jurnal oleh Jurnal yang Bereputasi Tinggi Terindeks.
- Menjaga dan Membuktikan Keberkalaan (Regularity) Terbitan Jurnal Internasional.
- Kriteria dan Standar Kerjasama Jurnal Ilmiah dengan International Conference.
- Parameter-parameter Monitoring Kinerja Jurnal Ilmiah (h-index, SJR, SNIP, CiteScore, dan Journal Impact Factor).
- Proses Penilaian Jurnal di Scopus oleh CSAB.
- Proses Penilaian Jurnal di Web of Science.
- Strategi Pengembangan Article In Press Issue, In Progress Issue, dan Spesial Issue Jurnal Ilmiah.
- Pemeriksaan Similaritas Untuk Mengetahui Potensi Unsur-unsur Plagiat.
- Pendampingan Teknis Aplikasi OJS untuk Pemenuhan Standar Website Jurnal Internasional
C. Jadwal dan Tempat Training Tahun 2020
Training E-Journal Batch 30 (Khusus Strategi Pengembangan Jurnal Internasional Terindeks di Pengindeks Internasional Bereputasi (Scopus dan/atau Web of Science):
- Waktu Pelaksanaan: Selasa – Rabu (17-18 Maret 2020)
- Tempat Pelaksanaan: Grand Edge Hotel Semarang, Jl. Sultan Agung No. 96, 50252 Semarang; +622486010888, URL: https://www.grandedge-smg.com/id-id
Training E-Journal Batch 31 (Paket 1 (Manajemen Tatakelola OJS/Persiapan Akreditasi ARJUNA) dan/atau Paket 2 (Kualitas Substansi Artikel dan Penyuntingan Artikel Jurnal Ilmiah) :
- Waktu Pelaksanaan: Selasa – Rabu (14-15 April 2020)
- Tempat Pelaksanaan: Grand Edge Hotel Semarang, Jl. Sultan Agung No. 96, 50252 Semarang; +622486010888, URL: https://www.grandedge-smg.com/id-id
Training E-Journal Batch 32 (Khusus Strategi Pengembangan Jurnal Internasional Terindeks di Pengindeks Internasional Bereputasi (Scopus dan/atau Web of Science):
- Waktu Pelaksanaan: Selasa – Rabu (14-15 Juli 2020)
- Tempat Pelaksanaan: Grand Edge Hotel Semarang, Jl. Sultan Agung No. 96, 50252 Semarang; +622486010888, URL: https://www.grandedge-smg.com/id-id
Training E-Journal Batch 33 (Paket 1 (Manajemen Tatakelola OJS/Persiapan Akreditasi ARJUNA dan/atau Paket 2 (Kualitas Substansi Artikel dan Penyuntingan Artikel Jurnal Ilmiah):
- Waktu Pelaksanaan: Selasa – Rabu (8-9 September 2020)
- Tempat Pelaksanaan: Grand Edge Hotel Semarang, Jl. Sultan Agung No. 96, 50252 Semarang; +622486010888, URL: https://www.grandedge-smg.com/id-id
Training E-Journal Batch 34 (Paket 1 (Manajemen Tatakelola OJS/Persiapan Akreditasi ARJUNA dan/atau Paket 2 (Kualitas Substansi Artikel dan Penyuntingan Artikel Jurnal Ilmiah):
- Waktu Pelaksanaan: Selasa – Rabu (17-18 November 2020)
- Tempat Pelaksanaan: Grand Edge Hotel Semarang, Jl. Sultan Agung No. 96, 50252 Semarang; +622486010888, URL: https://www.grandedge-smg.com/id-id
**) Jumlah Peserta per Batch dibatasi minimum 10 orang / batch per paket dan maksimum 20 orang / batch per paket.
D. Prosedur Pendaftaran Training
- Calon Peserta mengisi Borang Pendaftaran Tahun 2020 Secara Online dan memilih Batch serta Paket training di: https://goo.gl/4315pO
- Calon Peserta akan mendapatkan e-mail konfirmasi pendaftaran dan Invoice Pembayaran untuk memproses pembayaran atau konfirmasi keikutsertaan.
- Calon Peserta membayar Biaya Registrasi Training dengan mentransfer sejumlah uang ke rekening bank yang disebutkan di Invoice Pembayaran.
- Bukti Transfer Pembayaran (PDF file) tersebut (nomor 4) harus dikirimkan ke email: bcrec@live.undip.ac.id dengan Subject email: “Pendaftaran Training E-Journal Management Batch … atas nama …..“
- Calon Peserta Training akan mendapatkan Konfirmasi Pembayaran melalui E-mail dari Panitia tentang pendaftaran peserta tersebut dan akan dinyatakan sebagai Peserta Training, dan akan diberikan Nomor Resmi Peserta Training dan diberikan Daftar Acara Training.
E. Instruktur Berpengalaman
Training Manajemen Pengelolaan E-Journal dengan Open Journal System ini akan dipandu oleh Instruktur-Instruktur yang berpengalaman dalam bidang perjurnalan, e-journal, dan teknologi informasi:
- Prof. Dr. Istadi, S.T., M.T. (Editor-in-Chief, Reviewer)
- Prof. Dr. Heru Susanto, S.T., M.T. (Reviewer, Editor Member)
- Prof. Dr. Mohammad Djaeni, S.T., M.Eng. (Reviewer, Editor Member)
- Prof. Dr. Andri Cahyo Kumoro, S.T., M.T. (Reviewer, Editor Member)
- Eko Didik Widiyanto, S.T., M.T. (Editor Jurnal, Kepala Pusat Publikasi LPPM Undip)
- Dr. Anang Wahyu Sejati, ST, MT (Editor Jurnal)
- Dr. Luqman Buchori, ST, MT (Editor Jurnal)
- Wahyu Setiadi, S.Kom., M.Kom. (Staf Teknologi Informasi, BAPSI Undip)
F. Alamat Kontak Training
Training Division, Bulletin of Chemical Reaction Engineering & Catalysis, Semarang, Indonesia 50275; Telp./WA/SMS: 081316426342; E-mail: bcrec@live.undip.ac.id, Website: https://training.bcrec.web.id
Yth. Admin,
Mohon untuk mengirimkan undangan lengkap dengan biaya Training paket 1,2, dan 3 ke alamat email linguaidea@unsoed.ac.id.
Terimakasih
Silakan cek email. Thanks
Mohon infonya, utk peran sebagai editor dan reviewer sebaiknya ikut pelatihan yang mana? Mohon dikirimkan ke prosyida@gmail.com, brosur beserta biayanya utk batch yg tersedia. Terima kasih
Silakan cek email. thanks
Yth. Admin,
Mohon untuk mengirimkan undangan lengkap dengan biaya Training paket 1,2, dan 3 ke alamat email psdm@ditsd.unair.ac.id untuk kami ajukan ke kantor.
Terima kasih.
Silakan cek email. thanks
Selamat Pagi, mohon mengirimkan surat undangan ke email andi.fariel@ugm.ac.id untuk batch 28 tgl 3-4 September 2019. Terima kasih.
Silakan cek email ya. thanks
Selamat siang , mohon informasi mengenai pelatihan batch 27 dan batch 28 beserta biayanya ke alamat email : yanuarfilayudha@gmail.com
terima kasih
Silakan cek email. thanks
Yth. Admin,
Mohon untuk mengirimkan undangan lengkap dengan biaya Training paket 1,2, dan 3 ke alamat email asariahmad002@gmail.com untuk kami ajukan ke kantor.
Terimakasih.
Silakan cek email. thanks
Yth. Admin,
Mohon dikirimkan surat undangan untuk mengikuti training ejournal Batch 27 ke email berikut:
bjoaonline@gmail.com
nsmconline@gmail.com
Agar bisa segera kami ajukan ke atasan.
Terima kasih.
Salam.
Silakan cek email pak
mohon informasi mengenai batch 26 dan 27 beserta dengan biayanya Pak, mksh
silakan cek email. undangan sudah dikirimkan. thanks
Yth. Admin,
Mohon untuk mengirimkan undangan lengkap dengan biaya Training paket 1,2, dan 3 ke alamat email jurnalfaloak@gmail.com untuk kami ajukan ke kantor.
Terimakasih.
silakan cek email. undangan sudah dikirimkan. thanks
mohon informasi mengenai batch 28 beserta dengan biayanya
Silakan cek email ya. Thanks
Assalamualaikum,,, Pak/Buk mohon kirimkan undangan ke alamat email nurmalasarineneng@yahoo.co.id untuk tanggal 18-19 juni 2019
Terima kasih wassalamualaikum,,,
Silakan cek email. Thanks
assalamualaikum pak/bu.
mohon dikirimkan undangan pelatihan jurnal batch 26 tanggal 18-19 Juni 2019 ke email ajieandriana@gmail.com.
terimakasih.
Silakan cek email.
Thanks
Yth. Admin
Assalamu’alaikum wr wb.
Mohon untuk mengirimkan undangan ke alamat email henry.stk@gmail.com
Terima kasih
Sudah saya emailkan Pak. Mohon cek email. Terima kasih
Selamat malam admin. Mohon info lengkapnya. Terima kasih
Silakan cek email. Thanks
Untuk batch tanggal 6-7 apakah masih tersedia slot? kalau boleh tahu biaya pendaftaran berapa ya? terima kasih
Surat undangan sudah dikirimkan via email. Silakan mendaftar, masih ada seat
Yth. Admin
Selamat pagi.
Mohon untuk mengirimkan undangan ke alamat email jurnalpori@gmail.com
Terima kasih
silakan cek email untuk undangannya.
Thanks
Mohon info lengkap utk kegiatan ini (surat undangan dan poster)
silakan cek email. Thanks
Yth. Admin, Mohon untuk mengirimkan undangan lengkap dengan biaya Training manajemen jurnal tiap paket ke alamat email konservasiborobudur@yahoo.com terimakasih
Terima kasih kontaknya.
Silakan cek email untuk undangannya.
salam
Mohon dikirimkan brosur/undangan ke email tfpt@bpp.unair.ac.id. Terimakasih
Silakan Cek Email. Thanks
Yth. Admin, Mohon untuk mengirimkan undangan lengkap dengan biaya Training manajemen jurnal tiap paket ke alamat email trissadhianigmail.com
terimakasih
Sudah direply ya. please check email
Mohon untuk dapat dikirimkan brosur paket 1 dan 2 beserta biayanya ke email r12ky_ui@yahoo.com trimakasih..
Tolong dialamatkan ke email kami Bpk. Aris di aristyawan.mba@gmail.com
Terimakasih.
sudah diemailkan . silakan cek email. thanks
silakan cek email pak. Thanks
Yth. Admin, Mohon untuk mengirimkan undangan lengkap dengan biaya Training manajemen jurnal tiap paket ke alamat email: yuli.hartati80@yahoo.co.id. Terima kasih
Sudah dikonfirmasi perndaftarannya. Silakan cek email. thanks
Yth. Admin,
Mohon untuk mengirimkan undangan lengkap dengan biaya Training manajemen jurnal tiap paket ke alamat email riza.ghulam@gmail.com.
terimakasih
Sudah diemailkan undnagannya. Silakan dicek ya. Thanks
Yth. Admin, Mohon untuk mengirimkan undangan lengkap dengan biaya Training manajemen jurnal tiap paket ke alamat email houseofresearch20@gmail.com. terimakasih
sudah diemailkan. silakan cek email. thank you
Salam,
Mohon kirimkan penawaran ke Universitas kami, Pak.
Terima Kasih
aan@binawan.ac.id
sudah diemailkan. silakan cek email. thank you
Tolong kirim undangannya ya.
Undangan sudah diemailkan. thanks
Mohon dikirim penawaran kepada Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Jawa Tengah
Surat undangan sudah dikirimkan. thanks atas kontak nya
Yth. Pengelola
Mohon dikirimkan undangan ke iconpc.committee@usu.ac.id. Kami dari Universitas sumatera utara medan. Kami memiliki niatan untuk meningkatkan SDM kami dalam mengelola Journal
Surat undangan sudah diemailkan. thanks atas kontaknya
Mohon dikirimkan jadwal untuk tahun 2019.
Masing2 paket nya
Ke febriinside@gmail.com
Terimakasih
Mohon dipantau terus di website ini pak: https://training.bcrec.web.id
test
apa kelebihan sistem ini?
Mohon dikirimkan undangan / brosur ke email jurnal.medikakartika@gmail.com terimakasih
Silakan cek email. Surat undangan sudah diemailkan. thanks
untuk tahun 2019 apakah ada hadwal workshop seperti ini?
insya Allah ada untuk tahun 2019. Silakan selalu pantau website kami: https://training.bcrec.web.id
Untuk tahun 2019, ada 3 kelas yang akan dibuka, yaitu: Paket 1: tentang manajemen tatakelola ejournal sesuai akreditasi ARJUNA dan indeksasi; Paket 2: tentang penguatan kualitas substansi artikel, penyuntingan artikel dan tata layout jurnal; dan akan membuka kelas baru yaitu dua batch khusus tentang program pengembangan jurnal internasional terindeks bereputasi. Silakan selalu pantau website kami.
Yth. Admin
Mohon dapat mengirimkan informasi rekening pembayaran, kami dari UGM akan mengirimkan 4 orang.
Surat Undangan sudah diemailkan. Silakan mendaftar online seperti ditunjukkan di Undangan
Yth. Admin,
Mohon untuk mengirimkan undangan lengkap dengan biaya Training manajemen jurnal ke alamat email redaksi Jurnal Pariwisata Pesona untuk kami ajukan ke Fakultas.
Terimakasih.
Silakan cek email ya. Thanks
Yth. Admin,
Mohon mengirimkan undangan lengkap dengan biaya Training menejemen jurnal ke alamat email redaksi Jurnal Pariwisata Pesona untuk kami ajukan ke Fakultas.
Terimakasih.
Yth. Prof. Mohon undangannya di kirim ke Kepala UPT. Perpustakaan Univ. Nusa Cendana Kupang. Thankx
Yth. Prof. Mohon kirim undangan ditujukan ke Rektor Universitas Nusa Cendana Kupang, tembusan ke Kepala UPT. Perputakaan Univ. Nusa Cendana Kupang. Trimaksih.
Sudah direply via email pak.
Ysh prof mhn dikirim undangan kepada direktur poltekkes kemenkes malang dan dikirim melalui email ke atiecc@yahoo.com
Insya Allah undangan segera diemailkan. Thanks
Selamat pagi, kalau ikut paket 1 dan 2 langsung bisa tidak? mohon kirim brosur ke email saya, terimakasih
insya Allah segera diemailkan. Paket 1 dan Paket 2 dilaksanakan paralel di ruangan terpisah. Oleh karena itu, jika sebuah jurnal ingin ikut kedua paket, sebaiknya ada dua orang, yang bagian teknis OJS ikut Paket 1 dan Editor ikut di Paket 2. Thanks
Mohon dikirimkan informasi (undangan/brosur) ke email ini jurnal.farmasyifa@gmail.com terima kasih
surat undnagan sudah dikirimkan. Silakan cek email. thanks
Mohon dikirim.undangan ke unit penelitian dan pengabdian masyarakat / pengelolah Majalah Teknik Industri Politeknik ATI Makassar. Thksh
silakan cek email. surat undangan sudah dikirimkan. jika tidak ada di folder inbox, mungkin di folder Spam. Thanks
Mohon undangan ke email JURNAL ECOPLAN ecoplan@ulm.ac.id
Thanks. surat undangan sudah dikirimkan. mohon cek email
Mohon dikirim undangan nya pak untuk Batch 23 bulan Oktober 2018
Sudah diemailkan ya Pak. Thanks
Mohon dikirimkan undangan pelatihan OJS bulan Agustus 2018 (Tim IT dan Pengelola Jurnal).
Surat ditujukan kepada:
Direktur Politeknik Negeri Madura,
Jl. Raya Taddan Km. 4 Camplong, Sampang.
Terima Kasih
Mohon dikirim undangan nya pak untuk kegiatan bulan Agustus 2018
surat undangan sudah diemailkan. thanks
Mohon dikirimkan undangan pelatihan OJS untuk Direktur Politeknik AKA Bogor u.p Kepala Unit PPM Politeknik AKA Bogor, bulan Agustus 2018.
Email: akainfo@aka.ac.id
ismail@aka.ac.id
undangan sdh diemailkan. thanks
Selamat Pagi, Mohon Mengirimkan Surat Undangan ke email journal.retorika@gmail.com untuk tgl 8-9 mei 2018
Terima Kasih
undangan sudah diemailkan. thanks